Senin, 20 Maret 2023

Bangga! Koin Rupiah Ini Pernah Mejeng di Final Piala Dunia Lho



Jakarta - Meski tim Indonesia belum pernah tampil di Piala Dunia, tapi uang koin rupiah ternyata pernah mejeng lho di kompetisi sepak bola paling tinggi di dunia itu. Penasaran uang koin yang mana?

Kejadiannya pada saat final Piala Dunia FIFA 1974. Saat itu partai puncak mempertemukan tim tuan rumah Jerman Barat dengan Belanda.

Jack Taylor, wasit yang memimpin pertandingan itu memilih untuk menggunakan uang koin Indonesia pecahan Rp 2.000 untuk mengundi kesebelasan yang memeroleh bola pertama kali.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram resmi Museum Bank Indonesia (MuBI), dikatakan bahwa alasan utama wasit Jack Taylor menggunakan uang koin asal Indonesia ini karena dirinya yang sangat menyukai gambar pada kedua sisi koin.

Koin pecahan Rp 2.000 yang dikeluarkan pada 1974 itu memiliki gambar yang menarik di kedua sisinya, yaitu gambar Macan Jawa di bagian depan dan gambar Garuda dengan teks Bank Indonesia di bagian belakang.

idak hanya memiliki gambar yang menarik, ternyata koin ini juga memiliki nilai yang cukup penting. Sebab saat itu uang koin kuno Macan Jawa ini pernah dijual dan dana penjualan koin tersebut digunakan untuk penyelamatan satwa langka di Indonesia.

Selain itu, uang koin Rp 2.000 ini berhasil di buat dibuat khusus berkat adanya kerja sama antara Bank Indonesia dengan Lembaga Konservasi Dunia (IUCN) dan Lembaga Konservasi Alam (WWF).

Karena hal itulah uang koin kuno Macan Jawa ini diterbitkan dalam seri khusus cagar alam bersamaan dengan beberapa koin lainnya.

Di sisi lain, untuk pembuatan/pencetakannya Bank Indonesia pun melibatkan Royal Mint, sebuah perusahaan percetakan koin dan medali Kerajaan Inggris yang saat itu digadang-gadang sebagai perusahaan percetakan koin dan medali terbaik di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar